Akses Telekomunikasi Sudah Jadi Kebutuhan Pokok


Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu masih terdapat banyak blank spot atau lokasi tanpa sinyal telekomunikasi. Hal ini terbentur dengan luas wilayah serta lokasi pemukiman yang berjauhan antara satu dan lainnya. Pemda Kapuas Hulu terus berupaya merealisasikan pembangunan tower telekomunikasi pada blank spot tersebut. Apalagi saat ini telekomunikasi telah menjadi kebutuhan masyarakat.

Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir SH mengatakan terkait telekomunikasi pihaknya selalu berkoordinasi dengan Kementerian Kominfo RI. “Pemda selalu berusaha dalam meminimalisir blank spot. Bahkan pernah mengundang Kementerian Kominfo RI serta beberapa kabupaten kota di Kalbar, untuk pembahasan tower tersebut,” ucap Bupati, Rabu (30/10).

Saat ini memang masih banyak blank spot di Kapuas Hulu dan itu karena faktor luas wilayah. Namun Kemenkominfo selalu membantu pembangunan tower di Bumi Uncak Kapuas. “Walau kadang tujuh tower, tapi tiap tahun selalu ada pembangunannya. Kapuas Hulu sangat berterimakasih pada Kemenkominfo RI,” ujarnya.

Pembangunan tower selama ini, kata Bupati masih berupa tower mini yang terbatas jangkaunnya. Pemda-KH berharap kedepan bisa ada tower yang besar sehingga jangkauan lebih luas. “Sebab masih ada 90an titik yang tidak ada sinyal,” ujar Bupati. Saat ini, kata Bupati, akses internet dan teknologi sudah jadi kebutuhan pokok. “Dalam pemerintahan desa saja sekarang ada Siskeudes (Sistem Keuangan Desa) ini menggunakan internet agar lebih cepat,” tuntasnya. (diskominfo_statistik-KH)

Share Post: