Bupati Kapuas Hulu Lantik 9 Pejabat


Bupati Kapuas Hulu, AM. Nasir, S.H., melantik sembilan orang pejabat di Gedung Korpri Kapuas Hulu, Jl. Rahadi Usman, Kecamatan Putussibau Utara, Senin 18 Februari 2019. Salah satu posisi terpenting dalam pelantikan ini adalah Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kapuas Hulu. Posisi tersebut dipercayakan kepada H. SARBANI, S.E., M.A.P. Selain itu, Bupati Kapuas Hulu juga mengesahkan Petrus Kusnadi untuk menjabat Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu, Alpiansyah sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kapuas Hulu, Rupinus sebagai Kepala Satpol PP Kabupaten Kapuas Hulu. Sedangkan Azhari dilantik sebagai Sekretaris Inspektorat Kabupaten Kapuas Hulu berikut Muhadi sebagai Inspektur Pembantu wilayah satu, Bagong sebagai Inspektur Pembantu wilayah dua, Ridwani sebagai Inspektur Pembantu wilayah tiga dan Bahtiar sebagai Inspektur Pembantu wilayah empat.

Dalam sambutannya Bupati Kapuas Hulu mengatakan, dirinya memang perlu segera melantik pejabat-pejabat tersebut karena penting untuk urusan Pemerintahan, khsusunya posisi Sekda. Selain melantik ada juga sejumlah posisi jabatan yang sebatas mengesahkan kembali karena ada perubahan nomenklatur, seperti posisi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Satpol PP dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. "Saya ucapkan selamat pada semua yang dilantik, terutama H. SARBANI, S.E., M.A.P sebagai Penjabat Sekda sesuai persetujuan Gubernur Kalbar. Terimakasih juga pada Plh Sekda sebelumnya (M. Yusuf) yang sudah menjalankan tugas dengan baik," ucap Bupati Kapuas Hulu.

Menjabat Sekda menurut Bupati Kapuas Hulu sama saja wewenangnya dengan Sekda defenitif. Posisi tersebut saat ini banyak tugas yang harus diselesaikan. "Penjabat Sekda punya fungsi strategis, saya berharap dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan penuh tanggungjawab. Penjabat Sekda juga berperan dalam pertimbangan teknis pada pimpinan, apabila ada kebijakan ini harus dikoordinasikan dengan Bupati,". Tugas Sekda lainnya adalah memenuhi 8 posisi jabatan yang saat ini kosong. Terkait hal ini harus segera dikomunikasikan ke Kementerian terkait untuk mekanisme lelang jabatan. "Lelang harus hasilkan pejabat yang punyai kualitas terbaik," papar Bupati Kapuas Hulu.

Bupati Kapuas Hulu juga menginstruksikan agar Pejabat Sekda memastikan program prioritas daerah berjalan sesuai perencanaan. Kepada pejabat-pejabat lainnya, Bupati Kapuas Hulu juga menegaskan agar meningkatkan etos kerja dan segera wujudkan program pembangunan yang ada. Selanjutnya Bupati Kapuas Hulu menegaskan dirinya akan mengevaluasi kinerja seluruh Kepala OPD yang ada. "Kami akan evaluasi pejabat Eselon II lebih dari 5 tahun menjabat, bisa menjabat lagi kalau berprestasi. Kita dituntut bekerja maksimal, memberi output yang baik," tutup Bupati Kapuas Hulu. (Doc. Bidang SAI-DKIS)

Share Post: