DAK Rp2,3 M untuk Pengadaan Buku


Kementerian Pendidikan RI memfloating Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp2,3 Milyar untuk pengadaan buku di Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2019. Pihak Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu membenarkan hal ini. "DAK Pengadaan buku yang diberikan Kementerian kepada kami ini, bukunya jenis pengayaan untuk koleksi sekolah maupun perpustakaan, " kata Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu, Kusnadi, Rabu 22 Mei 2019.

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu menjelaskan, DAK Pengadaan Buku yang mereka terima nanti akan disalurkan kepada 46 Sekolah Dasar (SD) dari jumlah 404 SD yang ada di Bumi Uncak Kapuas, dimana jika dihitung, setiap satu sekolah akan menerima dana Rp50 juta. Saat ini pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu  masih menunggu proses dari Kementerian Pendidikan, apakah pengadaan buku ini melalui mekanisme lelang atau e-katalog. "Kalau proses pengadaan buku sebelumnya melalui mekanisme lelang," papar Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu.

Adanya bantuan buku ini, lanjut Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu tentu sangat membantu menambah wawasan  guru maupun murid, namun untuk bantuan buku ini tentunya pihaknya masih sangat membutuhkan bantuan tersebut, soalnya masih banyak sekolah di Kabupaten Kapuas Hulu yang belum mendapatkan bantuan tersebut. "Bayangkan saja SD di Kapuas Hulu ini ada 400 lebih, sementara yang mendapatkan bantuan buku itu jumlahnya terbatas," tutup Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu. (Doc. Bidang SAI-DKIS)

Share Post: