Dinas Koprasi, Usaha Kecil, Makro dan Perdagangan Kapuas Hulu Bakal OP di Jalur Lintas Selatan


Dalam masa Ramdhan menyambut Idul Fitri, Dinas Koprasi, Usaha Kecil, Makro dan Perdagangan (DKUP) Kabupaten Kapuas Hulu akan melaksanakan Oprasi Pasar (OP). Oprasi Pasar tersebut untuk menstabilkan harga pasar disamping memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan menyambut lebaran.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, Dinas Koprasi, Usaha Kecil, Makro dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu, Hemni Sukmana menuturkan, pihaknya memang sudah menentukan calon lokasi Oprasi Pasar di kawasan Jalur Lintas Selatan. Bahkan sudah ada petugas yang diutus untuk mensurvey lokasinya, supaya pelaksanaan Oprasi Pasar tepat sasaran. "Kami sudah utus tiga orang untuk survey lokasi pasar di Kecamatan Boyan Tanjung. Oprasi Pasar ini pelaksananaannya antara Desa Boyan Tanjung, Menendang atau Batu Datuk," papar Kabid Perdagangan, Dinas Koprasi, Usaha Kecil, Makro dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu.

Kabid Perdagangan, Dinas Koprasi, Usaha Kecil, Makro dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu menegaskan, terkait Oprasi Pasar kemungkinan dimulai Tanggal 22 Mei 2019. Pelaksanaan rencananya dilakukan di dua lokasi saja, tinggal menunggu dari pihak Kecamatan setempat untuk menyetujuinya. "Kita Oprasi Pasar kemungkinan pertengahan puasa, jadwalnya 22-23 Mei 2019 cuma itu memperhatikan kondisi lagi. Karena ini bulan suci Ramadhan maka Oprasi Pasar fokus ke daerah-daerah Muslim. Kalau Natal fokusnya ke daerah-daerah Nasrani," tegas Kabid Perdagangan, Dinas Koprasi, Usaha Kecil, Makro dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu.

Oprasi Pasar tetap bentuknya paket bahan pokok, seperti gula, minyak goreng, terigu, kopi, susu, telur dan lainnya. Dinas Koprasi, Usaha Kecil, Makro dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu akan menggandeng Bulog untuk stok-stok kebutuhan pokok yang diperlukan terkait paket tersebut. "Paket pada Oprasi Pasar ini nanti dibanrol Rp 100.000,-/ paket, kalau harga pasar paket tersebut sekitar Rp 150 ribuan. Kita jual agak murah karena disubsidi Pemerintah," tutup Kabid Perdagangan, Dinas Koprasi, Usaha Kecil, Makro dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu. Kabid Perdagangan, Dinas Koprasi, Usaha Kecil, Makro dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu mengharapkan dengan Oprasi Pasar ini dapat menstabilkan harga, disamping itu untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok saat bulan Ramadhan. (Doc. Bidang SAI-DKIS)

Share Post: