Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu Fasilitasi Mahasiswa PKL Uji Konstruksi


Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu setiap tahunnya selalu bekerjasama dengan Pendidikan Diluar Domisili Politeknik Negeri Pontianak (PDD Polnep) di Putussibau. Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu memfasilitasi para mahasiswa fakultas teknik yang melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) untuk melakukan uji konstruksi. "Politeknik di Putussibau ini tergolong masih baru jadi laboratoriumnya belum lengkap, sebab itu setiap tahun kami dengan PDD Polnep Putussibau ada kerjasama, anak mahasiswa PKL praktek disini (laboratorium uji konstruksi Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu)," papar Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu, Ana Mariana, S.T., M.M., Rabu 06 Februari 2019.

Dengan memanfaatkan lab Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air, mahasiswa PKL sebetulnya dapat melakukan uji konstruksi tanah, beton dan aspal. Hanya saja untuk uji aspal belum dapat dilakukan oleh para mahasiswa, sebab instrukturnya belum ada. "Alat uji konstruksi di lab kami sudah cukup lengkap, bisa untuk uji konstruksi tanah, beton dan aspal. Hanya saja instrukturnya masih kurang, untuk uji aspal belum bisa mereka lakukan,". Untuk kegiatan mahasiswa PKL di lab Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air, sengaja diarahkan di awal tahun karena aktifitas pengerjaan proyek fisik di Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu belum dimulai. Sebab kalau sudah mulai pengerjaan proyek fisik, lab akan lebih sering digunakan untuk menguji hasil pekerjaan pihak ke tiga di lapangan. "Instruktur juga pasti sibuk melakukan uji lab dan mengawasi pekerjaan fisik di lapangan, karena instruktur juga dari pegawai yang ada di Dinas kami," papar Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu.

Tahun 2019 ini ada tiga kelas jurusan teknik yang memanfaatkan lab Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air untuk PKL. Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu berharap para putra putri daerah Kabupaten Kapuas Hulu dari jurusan teknik tersebut dapat menjadi tenaga teknik sipil yang handal, sehingga kedepan dapat menjadi Sumber Daya Manusia yang mendukung pembangunan infrastruktur daerah. "Tenaga teknik sipil lebih berpeluang dibidang swasta, sebab peluang di PNS semakin minim. Mereka bisa dimanfaatkan sebagai pekerja oleh para kontraktor daerah," tutup Kepala Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu. (Doc. Bidang SAI-DKIS)

Share Post: