Kabid Statistik dan Aplikasi Informatika Hadiri Rapat Koordinasi Podes 2019


Kepala Bidang Statistik dan Aplikasi Informatika pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu, Zulkifli, S.H., M.A.P menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pendataan Updating Potensi Desa (Podes) 2019 yang diadakan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (08/05/2019). Rakor tersebut melibatkan sejumlah pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain, diantaranya Sekretaris Badan Perancangan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kapuas Hulu, Indra Kumara, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas Hulu, H. M. Nasharuddin. Acara tersebut dipandu Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Kapuas Hulu, Guntur Prahara dan Plt. Kasi Statistik Sosial, Ardi Surya.

Terkait kegiatan Rakor Pendataan Updating Podes 2019 tersebut, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kapuas Hulu, Guntur Prahara menegaskan, bahwa hal-hal penting yang dibahas dalam Rakor diantaranya tentang cara mensosialisasikan pentingnya data Podes kepada para perangkat Desa, supaya saat para petugas lapangan dari BPS Kabupaten Kapuas Hulu turun, para perangkat Desa dapat memberikan data yang di butuhkan dengan sangat baik. "Dengan demikian, data yang kita hasilkan dapat menjadi acuan bagi Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dalam merancang pembangunan daerah yang baik dan benar," ucap Kepala BPS Kabupaten Kapuas Hulu.

Dari Bappeda dan DPMD Kabupaten Kapuas Hulu, Kepala BPS Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan, mereka menyatakan siap membantu untuk memberikan data-data pelengkap yang bisa menjadi acuan bagi BPS untuk memvalidasi hasil data Podes dari lapangan, salah satunya tentang luas wilayah Desa,. "Seperti kita ketahui belum semua Desa di Kabupaten Kapuas Hulu sudah memiliki SK luas wilayah Desanya," papar Kepala BPS Kabupaten Kapuas Hulu.

Kepala BPS Kabupaten Kapuas Hulu juga berharap data Podes ini nantinya bisa menjadi bahan evalusi terhadap kinerja yang telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu. "Kami akan lakukan Pendataan Updating Podes di lapangan pada Tanggal 10 Juni hingga 05 Juli 2019. Semoga dengan kegiatan ini bisa menjadi bahan evaluasi kedepannya dan bisa membantu Pemkab Kapuas Hulu untuk membangun daerah jadi lebih baik," tutup Kepala BPS Kabupaten Kapuas Hulu. (Doc. Bidang SAI-DKIS)

Share Post: