Kaum Milenial Harus Lebih Kreatif dan Produktif


Profesi Aparatur Sipil Negara (ASN) selalu menjadi incaran masyarakat, terutama para lulusan perguruan tinggi. Penghasilan bulanan plus tunjangan, serta jaminan pensiun menjadikan profesi ASN tersebut sebagai profesi idaman. Hal ini terlihat saat adanya pembukaan penerimaan Calon ASN atau Pegawai Negeri Sipil, ratusan formasi yang tersedia direbut ribuan orang alumni perguruan tinggi.

Terkait fenomena tersebut, Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero, SH beranggapan bahwa pola pemikiran kaum muda di Bumi Uncak Kapuas harus berubah, jangan hanya berpatokan untuk menjadi seorang ASN. Tahun 2020 ini harus menjadi refleksi yang lebih baik dari apa yang telah dilakukan di tahun 2019. “Kaum muda jangan tinggalkan kesempatan, jangan harapkan jadi pegawai (ASN). Kalau pikiran begitu terus akan ketinggalan kita,” tegasnya, Rabu (15/1/2020).  

Menurut Wabup, para pemuda hendaknya mulai mengembangkan sektor swasta atau bidang usaha. Pemuda harus melakukan peningkatan ekonomi dengan memanfaatkan kreatifitas dan inovasi. “Tahun ini kita semua harus lebih maju. Jamannya semua kejar peluang dan usahakan yang terbaik,” ucapnya.

Pendidikan yang didapat dari perguruan tinggi, kata Wabup, hendaknya dapat menjadi modal yang cukup untuk mengembangkan sektor usaha. Terlebih kemudahan teknologi dapat menjadi sarana yang sangat membantu. “Semua harus ada kreatifitas untuk meningkatkan ekonomi, jangan hanya kita sebut percuma jadi sarjana tanpa kita melakukan apa-apa,” tegas Wabup.

Perkembangan zaman sekarang ini membawa dampak bagi tatanan kehidupan sosial masyarakat. Terdapat pengaruh baik ataupun pengaruh buruk dari perkembangan zaman tersebut. “Kaum milenial harus ikut kehidupan dan gaya hidup yang baik, buat diri kita menjadi generasi yang produktif. Agama juga harus menjadi sandaran, agar pengaruh buruk perkembangan zaman tidak mempengaruhi kita,” himbaunya. (diskominfo_statistik-KH)

Share Post: