Kecamatan Putussibau Utara Gelar Loka Karya Mini Tentang Kesehatan


Pemerintahan Kecamatan Putussibau Utara menggelar Loka Karya Mini Lintas Sektoral di Graha Korpri Putussibau, Kamis 31 Januari 2019. Loka Karya tersebut diadakan untuk menentukan langkah strategis kebijakan pembangunan kesehatan masyarakat. "Kami sangat berharap ada peningkatan derajat kesehatan masyarakat, secara khusus di Kecamatan Putussibau Utara. Sebab itu kami berharap lewat Loka Karya ini terbangun koordinasi dan jalinan konsultasi yang baik," kata Camat Putussibau Utara, Abdul Aziz, usai membuka kegiatan.

Kerjasama lintas sektoral dalam penanganan masalah kesehatan sangat penting. Dengan bekerjasama akan mudah menangani permasalahan yang ada ditingkat Desa dan Dusun. "Masalah kesehatan tidak bisa diselesaikan oleh tenaga kesehatan sendiri, harus ada dukungan dari lingkungan dan sebagainya,". Masyarakat juga harus diberikan pemahaman yang kuat tentang bidang kesehatan. Sehingga mereka mengerti harus melakukan apa untuk meningkatkan kualitas kesehatan dikeluarganya masing-masing. "Maka kita tekankan agar partisipasi ini dijalankan, kesehatan tidak bisa berjalan dengan baik kalau masyarakat apatis terhadap masalah kesehatan ini," ulas Camat Putussibau Utara.

Masalah kesehatan sangat bergantung dari pola hidup masyarakat. Maka dari itu semua pihak terkait harus mendorong partisipasi dan kemandirian masyarakat. "Untuk itu kita juga undang Kepala Desa, Kader-kader di Desa, ada guru dan sebagainya dalam kegiatan ini, agar kita sama-sama punya pemahaman tentang kesehatan,". Selain itu, Camat Putussibau Utara mendorong dari program Dana Desa juga bisa membantu bidang kesehatan dan pendidikan, sebatas yang bisa ditangani melalui Dana Desa. "Kalau pendidikan ada di bidang PAUD, kesehatan ada Puskesdes alat kesehatan dan sebagainya," tutup Camat Putussibau Utara. (Doc. Bidang SAI-DKIS)

Share Post: