Lintas Sektor di Kecamatan Selimbau Dukung Upaya Kesehatan Cegah Stunting


Puskesmas Selimbau menggelar Lokakarya Mini Lintas Sektoral Tahun 2019, Kamis (5/12/2019) kegiatan yang diadakan di Aula Desa Titian Kuala ini mengangkat tema Cegah Stunting Dengan Mewujudkan Kemandirian Keluarga Dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan” dan dibuka secara resmi oleh Camat Selimbau. Hadir Camat, Danramil, Kapolsek, KUA, Kepala Desa, PLKB, Pertanian, Nakes, Toma,Toga, Tim pendamping desa, Tim Penggerak PKK dan Kader Posyandu serta tamu undangan lainnya yang berjumlah sekitar 75 orang.

Kepala Puskesmas Selimbau dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Maksud dan Tujuan kegiatan guna meningkatkan dukungan lintas sektoral dalam mengatasi masalah gizi yang ada di Kecamatan Selimbau. “Salah satu upaya cegah stunting dengan mewujudkan kemandirian dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan,” ungkap Kepala Puskesmas Selimbau.

Oleh karenanya, Kapus Selimbau menyampaikan pula ucapan terima kasih atas dukungan dan kerja sama Lintas Sektoral di Selimbau. “Semoga dengan diadakan loka karya mini lintas sektoral ke IV, dengan penguatan sinergitas peran lintas sektoral dalam mewujudkan Selimbau Sehat secara mandiri dapat tercapai,” tuntasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) yang diwakili oleh Sudarso, S.Pd. MM Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu menerangkan bahwa pentingnya peranan Lintas Sektoral dalam mendukung Penanggulangan Stunting. “Dengan peran serta semua sektor Kecamatan Selimbau dan dengan intervensi spesifik dan intervensi sensitif dapat menurunkan Stunting pada 1000 hari pertama kelahiran,” harap Sudarso.

Sementara itu, Abdil Hasyim, SE Camat Selimbau mengajak seluruh stakeholder terkait di Kecamatan Selimbau agar bekerja sama, dalam mendukung upaya kesehatan  dan pencegahan stunting di wilayah Kecamatan Selimbau. “Selain itu, perlu kami sampaikan  bahwa kami sangat mendukung kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang diadakan pada bulan November kemarin yaitu lomba cerdas cermat dan Drama Konselor Remaja  sekaligus membuka Acara Loka karya Mini Lintas Sektoral Tahun 2019,” ungkap Abdil Hasyim.

Acara kemudian dilanjutkan dengan emaparan  capaian Program yang sudah dilaksanakan sampai bulan Oktober tahun 2019 serta persentasi Gizi dan Inovasi Gizi dalam penanggulangan masalah stunting.

Kemudian penambahan persentasi Gizi yang disampaikan oleh Kasi Gizi Kabupaten Kapuas Hulu ,yang membahas tentang besaran masalah Gizi  yang ada di Kabupaten kapuas Hulu,  serta kondisi terkait stunting di Kabupaten Kapuas hulu. Dan pencegahan Stunting di 1000 Hari Pertama Kehidupan. Adapaun tanggapan dan klarifikasi serta tanya jawab dipandu oleh Camat, dimana tanggapan disampaikan oleh kepala desa, Nakes, dan pendamping desa serta  masukan dan tanggapan dari pejabat yang mewakii Kepala Dinas.

Selanjutnya penyerahan Piagam penghargaan kepada Nakes dan Kader terbaik dalam mendukung Upaya Kesehatan ibu dan Anak. Adapun hasil kegiatan disepakati komitmen bersama Lintas Sektoral dalam upaya pencegahan Stunting di Selimbau, yakni memperkuat peran Posyandu dengan penambahan kegiatan dalam pencegahan stuting, kemudian membuat himbauan kepada masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. Rapat Loka karya Mini Lintas Sektoral Puskesmas Selimbau tahun 2019 kembali ditutup oleh Camat Selimbau. (dinkes-KH)

Share Post: