Oprasi Pasar Gas Elpiji 3 Kg


Pertamina Kalimantan Barat  mengadakan oprasi pasar di Kabupaten Kapuas Hulu. Salah satu agent yang melaksanakan Oprasi Pasar (OP) adalah Energi Khatulistiwa. Agent tersebut bekerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu menyalurkan gas elpiji 3 kg di sekitar kantor Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan, Kecamatan Putussibau Utara, Jumat 10 Mei 2019.

Dalam Operasi Pasar itu, warga diwajibkan melampirkan fotocopy KTP dan dibatasi hanya boleh dua tabung per orang. Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu, Hemni Sukmana menuturkan, Operasi Pasar dilaksanakan untuk mengantisipasi kebutuhan gas elpiji 3 Kg yang meningkat, serta menstabilkan harga jualnya. "Jadi Pertamina mengutus agent Energi Katulistiwa untuk mendistribusikan elpiji 3 Kg," papar Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu.

Dalam Operasi Pasar, Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan, standarnya ada 560 tabung yang dibagikan dalam satu lokasi. Harga baginya sesuai standar Pemerintah terbaru yaitu Rp 23.100,- per satu tabung. "Hari ini kita mulai Operasi Pasar di Putussibau, besok Operasi Pasar di Tepuai. Kemungkinan Operasi Pasar di Tepuai dilaksanakan didepan kantor Camat setempat, agent pendistribusinya agent Putussibau Jaya, jumlahnya sama 560 tabung," papar Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu.

Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu menegaskan, Putussibau dan Tepuai memang menjadi prioritas. Putussibau perlu karena kebutuhan tinggi, sementara di Tepuai memang sempat ada gejolak tentang stok Elipiji 3 Kg. "Elpiji dikota perlu banyak sedangkan di Tepuai karena ada gejolak, jadi kita upayakan awal. Selain itu Kecamatan mana yang kurang Elpiji akan dikoordinasikan untuk Operasi Pasar lagi," tegas Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu.

Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu menilai permalasahan Elpiji 3 Kg di Kabupaten Kapuas Hulu karena kerjaan oknum tertentu di tingkat pengecer. "Pengecer agak nakal, harusnya tertib jangan mainkan harga. Harga harus terstandar jangan ambil untung terlalu tinggi. Mungkin karena ini Ramdhan banyak oknum pengecer memanfaatkan," tutup Kabid Perdagangan Dinas Koperasi Usaha Kecil, Menengah dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu. (Doc. Bidang SAI-DKIS)

Share Post: