Pelatihan Kader AMPL dan Program PAMSIMAS III Tahun Anggaran 2019


Dinas Penataan Ruang dan Cipta Karya Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan Pelatihan kader Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) selama dua hari (24-26/06/19), bertempat di aula BAPPEDA. Kader Pemberdayaan Masyarakat di laksanakan berdasarkan permendagri no. 7 Tahun 2017 tentang Kader Pemberdayaan Masyarakat.

Kader Pemberdayaan Masyarakat juga di laksanakan dalam rangka efisiensi dan efektifitas pelatihan serta urgensi untuk pemenuhan ketersediaan kader AMPL Desa yang siap memfasilitasi dan mendampingi serta menggerakkan masyarakat agar berpartisipasi dalam pembangunan di bidang AMPL.

Tujuan Pelatihan kader AMPL PAMSIMAS adalah Memberikan pembekalan Kepada kader AMPL Desa agar mampu melakukan pemutakhiran capaian Data Akses SAM ( Sambungan Air Minum ) dan Sanitasi serta strategi pembiayaan 100% akses air minum dan sanitasi.

Kedua Memberikan pembekalan kepada Kader AMPL Desa Lama agar mampu mendampingi dan memfasilitasi masyarakat desa dalam proses Pelibatan Masyarakat Rentan Dalam Program PAMSIMAS.

Ketiga Memberikan pembekalan kepada Kader Desa agar mampu mengarusutamakan AMPL di tingkat Desa melalui pengintegrasian PJM ( Pembangunan Jangka Menengah ) ProAKSI / RKM ( Rencana Kerja Masyarakat ) kedalam RPJMDes/RKPDes.

Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan Pelatihan Kader AMPL Desa ini adalah tersedianya Kader AMPL Desa yang mampu dan terampil dalam melaksanakan tugas-tugasnya sesuai kebutuhan program, khususnya dalam melaksanakan tugas mengawal isu-isu AMPL dalam program pembangunan AMPL berbasis masyarakat.

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Bidang Penyehatan Lingkungan Ibu Sofiah, ST,.MT, Kepala Seksi Air Bersih dan Air Limbah Bidang Penyehatan Lingkungan Bapak H. Daud Fahrudin, A.Md dan Kepala Bidang Perencanaan Sosial Budaya Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu Serta dihadiri oleh peserta dari beberapa kecamatan yang berada di Kabupaten Kapuas Hulu.

Share Post: