Pj Sekda Kabupaten Kapuas Hulu Tinjau Bangunan Kopas


Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Kapuas Hulu, H. Sarbani, S.E., M.A.P meninjau bangunan Koprasi Pasar (Kopas) yang berada di sekitar Jl. H. Bustami, Kecamatan Putussibau Utara, Senin (20/05/2019). Bangunan tersebut kosong karena para pedagang enggan menempatinya.

Pj Sekda Kabupaten Kapuas Hulu, H. Sarbani, S.E., M.A.P mengatakan, dirinya berkunjung ke Kopas untuk memantau keadaan bangunan. Ternyata masih kosong tidak ditempati para pedagang. "Para pedagang tidak mau berjualan disini karena mereka beranggapan jualan mereka tidak akan laku karena sepi pembeli dibagian Kopas,". Terkait Kopas memang perlu disiapkan perencanaan pasar yang baik, sehingga bangunan dari dana Pemerintah betul-betul memberi kenyamanan bagi para pedagang. "Sekarang ini kita masih carikan solusi terbaik untuk para penjual sehingga tidak ada yang merasa dirugikan," papar Pj Sekda Kabupaten Kapuas Hulu.

Saat ini para pedangang di kawasan Pasar Pagi Putussibau masih kurang tertata. Sebab masih ada pedagang yang berjualan di pinggir badan jalan. "Sebab itu penyelesaian pembangunan pasar pagi yang baru harus cepat sehingga tidak ada lagi penjual yang berjualan disisi jalan pasar,". Untuk bangunan yang baru nantinya, pihak Dinas Koperasi, Usaha Kecil Makro dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu harus cepat melakukan pendataan para pedagang yang akan mengisinya. Dengan demikian penataan penempatan para pedangan akan mudah. "Dinas Koperasi, Usaha Kecil Makro dan Perdagangan juga harus meningkatkan pengawasan," kata Pj Sekda Kabupaten Kapuas Hulu.

Disamping itu, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Makro dan Perdagangan juga perlu berlaku tegas terkait aturan perdagangan, jangan sampai para pedagang menjual barang tidak layak konsumsi yang dapat membahayakan masyarakat. "Aturan bagi para pedagang di pasar pagi perlu dibuat dan ditegakkan," tutup Pj Sekda Kabupaten Kapuas Hulu. (Doc. Bidang SAI-DKIS)

Share Post: