Pusat Internet Gratis Untuk Masyarakat Putussibau


Dinas Komunikasi, Informatikan dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu senatiasa menghadirkan sarana pelayanan publik bagi masyarakat, khususnya akses internet. Saat ini sudah ada satu bangunan permanen media center yang dibangunan Dinas Kominfo dan Statistik Kapuas Hulu, masyarakat dapat mendapat akses internet secara cuma-cuma di fasilitas tersebut.

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu, Ir. H. Istiwa, M.Si menuturkan bahwa saat ini baru satu media center yang dibangun permanen disekitar di kantor. “Media center itu menjadi pusat internet gratis untuk masyarakat, siapapun bisa memanfaatkannya,” papar Istiwa, Selasa (24/9).

Selain di sekitar Dinas Kominfo dan Statistik, kata Istiwa ada rencana menambah satu lokasi di kota Putussibau, untuk pusat layanan internet gratis. Opsi yang dipertimbangkan adalah lokasi pedagang kaki lima yang ada diantara RSUD dr Achmad Diponegoro Putussibau dan Masjid Agung Darunnajah. “Kami mempertimbangkan disitu karena biasa jadi pusat berkumpulnya masyarakat, tidak hanya pada lokasi berjual tetapi warga yang dirumah sakit juga bisa memanfaatkannya,” tutur Istiwa.

Kedepan, kata Istiwa, memang perlu menejement yang baik terkait fasilitas internet tersebut. Dengan demikian publik yang memanfaatkanya juga memperoleh kenyamanan, khususnya terkait kecepatan akses internet. “Kita akan atur nantinya agar pengunaannya itu masyarakat, bukan untuk individu tertentu,” tegas Istiwa.

Terkait teknis pemanfaatan fasilitas internet gratis di media center, Kabid Statistik pada Diskominfo dan Statistik Kapuas Hulu, Zulkifli, S.H., M.A.P menjelaskan, bahwa perangkat sudah disiapkan dan sudah bisa diakses masyarakat. Khususnya pada Media Center yang ada di sekitar dinas. “Ini masih kita evaluasi terus untuk memantau kebutuhan kecepatan akses internetnya, kalau kurang tentu harus ditambah,” ujarnya.

Zulkipli menegaskan gedung media center memang belum diresmikan, namun sudah diaktifkan untuk pelayanan ke masyarakat. “Nanti tetap akan ada lauching di akhir tahun, tapi sebelumnya pelayanan sudah bisa dibuka sekaligus kita evaluasi untuk kebutuhan kecepatan serta perangkat pendukungnya,” ujar Zulkipli.

Menurutnya, akses internet saat ini sudah jadi kebutuhan masyarakat. Untuk itu, Dinas Kominfo dan Statistik berupaya untuk menghadirkam program-program guna mengakomodir kebutuhan teraebut. “Rencananya setiap tahun kita akan coba usulkan ada satu areal publik untuk internet gratis. Semoga itu dapat terealisasi,” tuntas Zulkipli. (diskominfo_statistik-KH)

Share Post: