Puskemas Silat Hilir Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektoral


Dalam rangka meningkatkan Porgram Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) Puskemas Silat Hilir menggelar acara Lokakarya Mini Lintas Sektoral Tahun 2019, Kamis (28/11/2019) kegiatan tersebut dibuka oleh Camat Silat Hilir, M. Munajib, S.Sos.

Kepala Puskesmas Silat Hilir Cin Tet On, A.Md. Kep menyampaikan hasil pendataan PIS-PK sudah dilaksanakan di 13 Desa wilayah Silat Hilir. “Kami meminta agar seluruh lintas sektoral dapat meningkatkan kerjasama yang baik, guna memaksimalkan suksesnya intervensi PIS-PK menuju Keluarga Sehat 2020,” harap Kepala Puskesmas Silat Hilir Cin Tet On, A.Md. Kep

Sementar itu, Camat Silat Hilir M. Munajib dalam sambutannya berpesan agar seluruh kepala desa untuk siap dan senantiasa memberikan dukungan, inovasi dan peran aktifnya dalam bidang kesehatan. “Saya berharap, semoga wacana dalam intervensi PIS-PK menuju keluarga sehat 2020 dapat terealisasikan dan sukses bersama peran serta dan kerjasama Lintas Sektoral dan pihak-pihak terkait,” harap Camat.

Camat meminta kepada seluruh tenaga kesehatan untuk tetap semangat dan terus berkarya dalam meningkatkan kesejahteraan kesehatan keluarga di Kecamatan Silat Hilir. “Intinya kami pihak pemerintah Kecamatan  mendukung semua inovasi-inovasi yang telah di usung oleh 13 Desa, semoga seluruh kepala desa dapat berperan aktif dalam memaksimalkan inovasi tersebut.

Acara selanjutnya pemaparan hasil IKS Wilayah Kecamatan Silat Hilir Tahun 2018-2019 serta analisis masalah dan alternatif pemecahan masalah 12 indikator PIS-PK oleh Koordinator PIS-PK. Acara dilanjutkan diskusi, tanya jawab dan curah pendapat antar kepala desa dengan nakes termasuk sesi wacana inovasi 2020 dengan kriteria gebrakan baru dari desa, oleh desa, untuk desa. Terdapat 3 inovasi menarik, diantaranya, Pijat Bayi di Posyandu_ untuk memberikan pelayanan kesehatan relaksasi pada bayi serta untuk meningkatkan minat orangtua agar mau membawa anaknya ke Posyandu.

Kemudian pemberian Penghargaan Balita Yang Rajin Posyandu Oleh Desa_ untuk meningkatkan kunjungan Posyandu dan Membuat Jamban Sehat Warga Oleh Desa_ untuk mendeklarasikan STOP BABS. Sedangkan pemberian penghargaan intervensi PIS-PK dengan tema “Puskesmas Menyapa Desa Miau Merah tanggal 14 Juli 2019” kepada Desa Miau Merah dan BRI Cabang Simpang Silat sebagai desa dan mitra yang telah bekerjasama dalam mensuskeskan acara tersebut.

Pemberian penghargaan kepada 9 Desa yang telah berkomitmen dan bekerjasama dalam mesukseskan kunjungan PIS-PK. Pemberian penghargaan kepada Bidan dan Perawat Terbaik di Kecamatan Silat Hilir. Rapat Lokakarya Mini Lintas Sektoral Puskesmas Silat Hilir Tahun 2019 ditutup oleh Camat Silat Hilir. (dinkes-KH)

Share Post: