Rapat Optimalisasi Website OPD


Dinas Komunikasi, Informatika (Kominfo) dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu mengadakan rapat membahas rencana penyusunan Tim Pelaksanaan Proyek Perubahan Optimalisasi Pemanfaatan Website OPD sebagai strategi pengangkatan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2019, Kamis 23 Mei 2019. Rapat ini dipimpin oleh Kepala Dinas (Kadis) Kominfo dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu, H. Ir. Istiwa, M.Si dan diadakan diruang kerjanya. Rapat juga melibatkan para Kepala Bidang (Kabid) beserta Staff.

Kadis Kominfo dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu, H.Ir. Istiwa, M.Si menuturkan, rapat ini untuk merubah sistem kerja interen organisasi yang ia pimpin, agar lebih cepat dalam koordinasi dan gerak kerja. "Kedepan kita mau mencantumkan marketing sektor publik, mengambil konsep swasta namun yang kita jual adalah produk Pemerintah, baik ke pimpinan dan masyarakat. Untuk perubahan tersebut saya ambil program dengan judul Optimalisasi ini," ucap Kadis Kominfo dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu.

Tuntutan saat ini membuat Diskominfo dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu ingin membangun citra positif daerah dengan optimal, sebab itu berita positif tentang Pemda Kabupaten Kapuas Hulu perlu diperbanyak. Berita positif tentu membangun kepercayaan publik dan nama baik daerah, ini investasi yang pada akhirnya memberi output positif bagi Pemerintah. "Upaya ini berhubungan juga dengan visi misi Bupati, yakni menuju Kapuas Hulu sejahtera dan harmonis. Sejahtera yang ingin kita capai adalah cenderung ke ekonomi bagi masyarakat," papar Kadis Kominfo dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu.

Disisi lain, dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik. Dengan demikian masyarakat punya hak untuk mendapatkan info tentang Pemerintahan. "Sekarang sudah ada regulasi tentang Subdomain Website Pemerintah yang sudah dibuat hingga ke Kecamatan, namun ini belum optimal. Kedepan akan kita evaluasi ke OPD terkait,". Untuk optimalisasi website itu, akan ada Kontributor per OPD dan dibuatkan SKnya oleh Bupati. "Setelah ada kontributor kita lakukan pelatihan, sehingga diharapkan konten berita lebih dari target Sakip yang ditentukan Dinas. Terkait konten berita harus ada perubahan OPD lain dan Diskominfo dan Statistik itu sendiri," tutup Kadis Kominfo dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu.

Kabid Statistik dan Aplikasi Informatika (SAI), Diskominfo dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu, Zulkifli, S.H., M.A.P menambahkan, terkait output berita, bidang SAI sudah membahas konten yang ada website. Optimalisasi web Kominfo juga dibahas, termasuk OPD. Untuk mengembangkan web intern dibahas perlu kontributor di masing bidang dan sekretariat yang tahu kegiatan termasuk yg menangani Kepala Dinas. "Kami juga identifikasi dukungan aplikasi untuk link ke OPD. Ini wacana berikutnya," tambah Kabid SAI, Diskominfo dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu. (Doc. Bidang SAI-DKIS)

Share Post: