Sambut Ramadhan Sekolah Adakan Pesantren Kilat


Ramadhan 1440 Hijeriah merupakan momen yang tepat dalam meningkatkan iman dan taqwa. Momen bulan suci inipun dimanfaatkan sejumlah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Kapuas Hulu untuk mengadakan kegiatan pesantren kilat bagi siswa-siswi yang Muslim. Sedangkan siswa-siswi yang non Muslim mengikuti kegiatan bina iman.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi menuturkan, ada dua sekolah yang sudah melaporkan kepada dirinya mengadakan kegiatan pesantren kilat dan bina iman. Sekolah tersebut ada di Kecamatan Bunut Hulu dan Hulu Gurung. "Ada dua sekolah di Kecamatan yang memberitahukan kegiatan tersebut ke saya," papar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu 08 Mei 2019.

Kegiatan pesantren kilat dan bina iman tersebut berlangsung kurang lebih tiga hari. Dari Tanggal 07 hingga 09 Mei 2019. Kegiatan tersebut dibatasi harinya karena Tanggal 13 Mei 2019, siswa-siswi sudah mulai ulangan umum semester genap. "Untuk Tanggal 10-11 Mei 2019, siswa-siswi kita belajar seperti biasa," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu berharap, dengan adanya pembinaan dari sisi kerohanian seperti kegiatan pesantren kilat dan bina iman dapat membangun mental yang baik bagi setiap peserta didik. Agar mereka dapat membentengi diri dari pengaruh-pengaruh buruk akibat dari perkembangan zaman. "Saya berharap agar setiap siswa segala tindak tanduk yang dibuat, harus berdasarkan kepada agama yang kita anut. Dengan keimanan yang kuat, itu akan membentengi seluruh siswa dari pengaruh buruk yang akan merusak masa depan mereka," harap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu.

Terkait dengan proses belajar mengajar selama Ramadhan hingga Idul Fitri, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu telah memberikan surat edaran bagi SD dan SMP Negeri maupun Swasta. Dalam surat tersebut disampaikan beberapa hal diantaranya tentang, jam belajar pagi saat Ramadhan disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing demikian pula dengan jam tatap muka belajar. Bagi sekolah yang mayoritas Muslim mengahiri jam tatap muka dengan Sholat Zuhur.

Berikutnya tentang ulangan umum semester genap Tahun pelajaran 2018/2019 yang akan dilaksanakan pada Tanggal 13 - 18 Mei 2019 dan pembagian raportnya Tanggal 29 Mei 2019. Kemudian libur Idul Fitri dari Tanggal 30 Mei hingga 08 Juni 2019, lalu libur semester genap Tahun pelajaran 2018/2019 dari Tanggal 10 Juni - 13 Juli 2019. Berikutnya penerimaan peserta didik baru Tanggal 1 sampai dengan 13 Juli 2019 dan masuk sekolah Tahun pelajaran baru 2019/2020 pada Tanggal 15 Juli 2019. (Doc. Bidang SAI-DKIS)

Share Post: